Home Features Bersihkan Tempat Ibadah dan Areal Perkampungan

Bersihkan Tempat Ibadah dan Areal Perkampungan

4 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Bersihkan Tempat Ibadah dan Areal Perkampungan
0
183

RATUSAN personil kepolisian dari Polres Muba bersama dengan TNI dari Kodim 0401 Muba dan Koramil 401-03 Sekayu, serta seluruh staf dari Kecamatan Sekayu kemarin, (21/2) menggelar apel peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di halaman Masjid Raya Bhaitul Makmur.
Usai ratusan personil kepolisian, TNI dan juga pegawai dan staf kantor camat Sekayu langsung melakukan aksi bersih-bersih sampah dan rumput di sekitar masjid. Tak hanya itu mereka juga menyasar areal pemukiman penduduk.
M. TAUFAN – SEKAYU
PENAMPAKAN tak biasa terlihat di halaman Masjid Raya Bhaitul Makmur Sekayu, sejak pagi sekitar pukul 07.00 WIB, sekitar masjid sudah sangat ramai, di pinggir jalan tempat keluar masuk halaman masjid pun di jada oleh aparat kepolisian berseragam lengkap.
Biasanya, masjid terbesar di Kota Sekayu itu hanya ramai pada jam-jam sholat saja, atau kegiatan keagamaan lainnya. yang berbeda di hari itu, orang-orang yang terlihat di halaman masjid itu mengenakan seragam santai seperti seragam olahraga.
Mereka terlihat menyebar menyisir setiap sudut hingga ruangan di dalam masjid. Rupanya yang dilakukan hari itu adalah aksi bersih-bersih sampah usai digelar nya apel HPSN tersebut.
Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti, SE, MM, melalui Kompol Samse dan Kompol Iwan Wahyudi mengatakan, jika pada kegiatan HPSN ini, pihak Polres menggandeng TNI dan juga pemerintah termasuk seluruh masyarakat untuk bersama-sama membersihkan lingkungan.
“Tidak hanya di tempat-tempat ibadah, tapi juga areal perkampungan yang padat penduduk dan juga sekitaran pasar,”katanya.
Sehingga, sambung dia, akan tercipta lingkungan yang bersih yang sudah barang tentu bisa meminilisir penyebaran penyakit dan menjaga kenyamanan jamaah ketika sedang melakukan ibadah di masjid.
“Sampah apabila di biarkan akan menjadi sumber penyakit, menjadi tempat nyamuk bersarang apalagi saat ini musim penghujan tentu penyebaran virus DBD akan sangat berkembang. Selain itu, apabila sampah sampai menyumbat tempat pengaliran air bisa menyebabkan banjir,” terangnya.
Dengan adanya HPSN ini, ia mengajak seluruh masyarakat untuk lebih peduli terhadap sampah.
“Kita sama-sama menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Agar kita tidak mudah terserang penyakit. Di lingkungan Polres Muba sendiri, aksi bersih-bersih sampah seperti ini memang rutin dilaksanakan,”tukasnya.
Sementara, Camat Sekayu, Marko Susanto, SSTP, M.Si, sangat mengapresiasi kegiatan HPSN yang dilakukan oleh Polres Muba itu. “Dimana kegiatan ini mengingatkan kita agar ke depan nya lebih peduli terhadap sampah dan lingkungan,”katanya.
Tidak hanya saat musim penghujan, sambung nya, melainkan harus dilakukan secara terus menerus agar kesehatan dan kebersihan tetap terjaga.
“Di lingkungan Kecamatan Sekayu, kegiatan seperti ini sudah dilaksanakan secara rutin 2 bulan sekali dengan mendatangi kelurahan atau desa-desa yang ada. Kita ingin membangkitkan lagi semangat goting royong yang selama ini sedikit tenggelam. Melalui kegiatan ini, kita sama-sama mensuport kegiatan Kabupaten atau Kota Sehat tahun 2019,”tutupnya. (**)

Load More By admin
Load More In Features
Comments are closed.