Home Muba Randik Timbulkan Kemacetan Sepanjang 1 KM

Timbulkan Kemacetan Sepanjang 1 KM

4 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Timbulkan Kemacetan Sepanjang 1 KM
0
343

SEKAYU – Sejak pagi sekitar pukul 06.00 WIB, kemarin (12/2), akses jalan Sekayu – Pendopo yang menghubungkan Kecamatan Sekayu dan Kecamatan Sungai Keruh mengalami macet total, hal itu disebabkan kerusakan
Namun, titik terparah berada di KM 9 dan KM 11 Talang Sekate Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu.
Bahkan sempat menimbulkan kemacetan sekitar 1 KM. Hal itu dikarenakan ada sebuah mobil truk pengangkut kayu yang terjebak dalam lobang jalan yang sudah berbentuk kubangan lumpur itu.
Beruntung, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Muba yang berjumlah 12 orang di terjunkan di lokasi tersebut untuk mengurai kemacetan sehingga sekitar pukul 09.00 WIB, kemacetan berhasil di atasi.
Sedangkan kendaraan yang terjebak ditarik oleh kendaraan lain nya. Melihat kondisi itu, warga yang geram terpaksa turun tangan. Secara swadaya mereka melakukan penimbunan dengan menggunakan pecahan batu gunung.
“Dibilang kesal ya kami sangat kesal. Sampai kapan kami harus menunggu tindakan dari pemerintah, terutama pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, karena jalan ini status nya jalan provinsi,” ujas Asmit, salah seorang pengendara yang mana kendaraan nya tidak bisa bergerak.
Setelah mobil yang terjebat terbebas dan arus lalu lintas kembali lancar, datang sebuah mobil truk yang berisikan pecahan batu gunung ke lokasi, kemudian warga secara bersama-sama mengamparkan batu-batu tersebut ke dalam lobang tersebut.
Ari, warga Desa Tebing Bulang yang menjadi koordinator penimbunan jalan hasil swadaya masyarakat itu menyebutkan jika batu itu berasal dari donatur yang merupakan seorang.
“Ini batu nya donatur yang minta nama nya tidak disebutkan, ia menyumbangkang 10,5 kubik pecahan batu gunung untuk menimbun jalan. Sedangkan untuk pengerjaan nya dilakukan bersama-sama,” terangnya.
Batu tersbeut, di fokus pada titik terparah, selebih nya baru ditimbunkan di beberapa titik lainnya.
“Kita tidak bisa berdiam diri, juga tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah yang tidak jelas kami akan di perbaiki. Jika tidak mengambil langkah, setiap hari bakal di hadapkan dengan kondisi seperti ini. jalan macet, banyak mobil terjebak, aktivitas jadi terhambat,” tegasnya.
Namun, meski sudah dilakukan swadaya, warga masih berharap pemerintah segera melakukan perbaikan berat. “Sebagai bentuk tanggung jawab atas masyarakat,” harapnya.
Sementara itu, petugs dari Dishub Muba, Candra Irawan, menuturkan setelah dilakukan pengaturan lalu lintas kemacetan bisa diatasi.
“Kami di terjun kesini sebanyak 12 personil, sudah membawa mobil derek, Cuma karena mobil yang terjebak cukup besar dan bermuatan berat terpaksa harus di tarik menggunakan mobil fuso. Dan Alhamdulillah proses penarikan mobil berjalan lancara sembari pengaturan lalu lintas,” tukasnya.
Sekitar pukul 10.30 WIB, arus lalu lintas di jalan tersebut kembali lancar meskipun pengendara harus melintas secara bergiliran karena masih proses penimbunan oleh warga. (pan)

Load More By admin
Load More In Muba Randik
Comments are closed.