Home Uncategorized Lakukan Money Politik, Caleg Didiskualifikasi

Lakukan Money Politik, Caleg Didiskualifikasi

4 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Lakukan Money Politik, Caleg Didiskualifikasi
0
242

SEKAYU – Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 17 April 2019 mendatang pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), mengharapkan bisa berjalan dengan baik, dan tanpa adanya pergerakan money politik atau politik uang yang dilakukan.
Ketua Bawaslu Muba, Muhammad Sarkani SH MH, melalui Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat antar lembaga, Husni Mubarok SH, ditemui kemarin (28/01) mengatakan, pencegahan dini terhadap politik uang terus dilakukan oleh pihaknya. Bahkan mensosialisasikan hal tersebut di tengah kalangan masyarakat.
“Ini agar, masyarakat bisa cerdas dalam menggunakan hak pilihnya, jangan sampai prilaku yang seperti itu terjadi di tengah masyarakat,”katanya.
Sosialisasi mengenai Money Politik, tentu tidak hanya ditujukan kepada masyarakat akan tetapi juga diberikan kepada seluruh Calon Legislatif (Caleg).
“Sudah kita ingatkan, jangan sampai terjadi hal seperti itu, namun jika masih saja terjadi. Ya kita akan bertindak secara tegas. Bila kedapetan bisa jadi Didiskualifikasi atau di coret dalam bursa pencalegkan,” tukasnya.
Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya mengharapkan kepada seluruh pihak hendaknya bisa memberikan informasi akurat.
“Mudah-mudahan di Kabupaten Muba kita ini tidak terjadi sedemikian. Karena sudah banyak pemilih yang cerdas. Oleh karena itu, sebelum menggunakan hak pilih hendaknya melihat kualitas dan kuantitas, sehingga bisa memperjuangkan hak rakyat ketika duduk di kursi legislatif,” tukasnya.
Agar suasana Pemilu serentak bisa berjalan dengan baik, dan tidak terjadi pelanggaran dalam bentuk apapun. Pihak Bawaslu Kabupaten Muba bakal melakukan perekrutan Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTPS). “Nantinya ditempatkan di setiap Tempat Pemilihan Suara (TPS),” ujarnya.
Tugasnya, saat menjelang Pemilu serentak ini, tentu saja memantau diseluruh daerah pemilihan, dan termasuk Money Politik.
“Diserankan nantinya bergerak secara senyap, jika terpantau tentu langsung membuat laporan. Kemudian kita akan langsung menindaklanjutinya sesuai dengan ketentuan UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Besaran Money Politik yang bisa ditindak minimal Rp 60 ribu. Ini sudah masuk dalam pemberian atau iming iming untuk memilih salah satu orang,” tegasnya.
Tugas PTPS nanti di lapangan, tidak hanya memantau pergerakan Money Politik akan tetap juga disarankan memantau kelengkapan logistik yang didistribusikan ke setiap TPS dan PPS.
“Itu tujuanya, saat pemilihan dipastikan tidak ada persoalan, seperti kekurangan surat suara, atau kelengkapan lainya. Dan Pemilu Serentak 17 April 2019 bisa berjalan sesuai dengan keinginan kita bersama, terutama angka partisipasi pemilih bisa meningkat tajam melampaui nasional,” tegasnya.
Sementara Ketua KPU Muba, Ir Maryadi, mengatakan dalam Pemilu Serentak nanti diharapkan bisa berjalan sesuai dengan ketentuan. “Termasuk angka partisipasi pemilih, mudah-mudahan bisa meningkat,” tukasnya. (boi)

Load More By admin
  • Sopir Fuso Tewas

      # Jalintim Makin Memanas BAYUNG LENCIR – Kecelakaan maut kembali terjadi diru…
  • Konsep Pentahelix Atasi Karhutla

    # Disoroti Guru Besar IPDN SEKAYU – Pencegahan serta penanganan kebakaran hutan dan …
  • Gelar Safari Ramadhan Keliling

    SUNGAI LILIN – Setelah sebelumnya melakukan tasyakuran sekaligus Peringati Hari Ulan…
Load More In Uncategorized
Comments are closed.