Home Kecamatan Dihiasi Tumpukan Sampah

Dihiasi Tumpukan Sampah

3 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Dihiasi Tumpukan Sampah
0
4

Lo

SANGA DESA- Kesadaran masyarakat di Kecamatan Sanga Desa untuk tidak membuang sampah sembarangan tampaknya masih sangat rendah. Hal ini terlihat dari masih banyaknya sampah yang menumpuk pada Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Ilegal yang berada di pinggiran Sungai Musi dan pinggiran Jalan Lintas Tengah (Jalinteng).

Salah satunya yakni berada di Desa Air Balui Kecamatan Sanga Desa, tepatnya di dekat TPU Desa Air Balui. Masyarakat secara sadar membuang sampah di pinggir Jalinteng, sehingga terkadang sampah-sampah plastik yang ada kerap beterbangan di tiup angin dan mengganggu pengendara yang melintas.

“Memang selain tidak enak dilihat karena posisinya yang berada di pinggir jalan, sampah sampah yang ada kerap terbawa angin sehingga berserakan di Jalinteng, dan mengganggu pengendara. Semestinya masyarakat kalau mau buang sampah jangan di pinggir jalan lintas ini, karena tidak enak dilihat, dan kesannya jadi kumuh. Bila perlu dibangun tempat khusus berupa bak sampah agar masyarakat tidak buang sampah sembarangan lagi.” Ungkap Beni (34) salah satu warga Prabumulih II Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas yang kerap melintas di daerah tersebut ketika diwawancarai oleh wartawan koran ini  (14/3) kemarin.

Terpisah, salah seorang warga Desa Air Balui yang minta namanya tidak dimuat pada pemberitaan mengungkapkan,memang kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan tidak membuang sampah sembarangan masih terbilang cukup rendah.

“Untuk Desa Air Balui khususnya dan Kecamatan Sanga Desa umumnya kesadaran masyarakat hidup bersih dengan menjaga kebersihan lingkungan masih cukup rendah. Buang sampah tidak pada tempatnya seperti sudah menjadi tradisi, semestinya pola seperti ini harus dirubah agar lingkungan tetap bersih,” ujarnya.

Lebih lanjut warga tersebut mengatakan pemerintah desa semestinya bisa proaktif ambil bagian dalam mengatasi permasalahan buang sampah ini, misalnya saja dengan menyisihkan sebagian dana desa kepentingan pembangunan tempat pembuangan sampah.

“Sebagusnya pemerintah desa pun bisa berperan dalam mengatasi perilaku buang sampah sembarangan ini, misalnya dengan menyisihkan sebagian kecil dana desa untuk kepentingan pembangunan bak sampah. Sehingga masyarakat tidak lagi membuang sampah secara sembarangan di pinggir jalan dan bantaran sungai. Harapannya masyarakat juga bisa timbul kesadarannya agar tidak membuang sampah sembarangan apalagi di pinggir Jalinteng, karena dapat merusak lingkungan serta pemandangan yang ada.” Tutupnya. (ren)

Load More By admin
  • Berharap Dilakukan Perbaikan

    LAIS – Keberadaan jembatan yang berada di Jalan Lais menuju Petaling Kecamatan Lais …
  • Lakukan Peletakan Batu Pertama

    # Pembangunan Masjid Al-Hijrah Desa Teluk LAIS – Sebelum memimpin upacara peringatan…
  • Miliki Kebun Kelor

    LAIS – Program pemanfaatan lahan di sekitar halaman kecamatan ternyata benar-benar dilakuk…
Load More In Kecamatan
Comments are closed.