Home Utama Bawaslu Tertibkan APK Melanggar

Bawaslu Tertibkan APK Melanggar

2 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Bawaslu Tertibkan APK Melanggar
0
1

SEKAYU – Tim gabungan terdiri dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Sat Lantas Polres Musi Banyuasin, dan Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) dinilai melanggar aturan berlaku, kemarin (14/02)

Penertiban yang dilakukan mulai pukul 08.00 WIB tersebut menyusuri sejumlah jalan yang ada di kota Sekayu, mulai dari Jalan Merdeka, Jalan Lingkar Randik, dan Jalan Kolonel Wahid Udin.

Dimana dalam penertiban itu, puluhan poster Calon Legeslatif (Caleg) baik yang berada di pohon yang berada di pinggir jalan, mobil, hingga baliho dilepas oleh tim gabungan secara paksa lantaran melanggar aturan.

“Ya, hari ini (kemarin,red) kita lakukan penertiban baliho, poster dan APK lainnya yang dipasang tidak sesuai tempatnya,” ujar Ketua Bawaslu Muba, Muhammad Sarkani SH MH, saat dibincangi usai menggelar penertiban APK.

Dikatakannya, peserta Pemilu, baik Partai Politik maupun Calon Legeslatif, sejak awal telah diberitahu terkait aturan dan tempat-tempat tidak diperbolehkan untuk dilakukan pemasangan APK. “Seperti tempat ibadah, sekolah, kantor pemerintah dan jalan-jalan protokol,” tukasnya.

Penertiban yang dilakukan pihaknya dinilai telah sesuai dengan Perarutan Bawaslu No 28 tahun 2018 tentang pengawasan APK. Dimana dalam Pasal 26 disebutkan, ketika melakukan pengawasan kampanye terkait APK, maka Bawaslu wajib menertibkan. Rekomendasi ke lembaga lain, salah satunya Sat Pol PP sebagai eksekutor.

“Semuanya harus petuhi aturan yang ada, pengawasan dan penertiban APK yang melanggar terus kita lakukan. Karena, nanti seluruh Parpol dan Caleg diberikan atau ada waktu khusus untuk memansang APK sesuai aturan,” tukasnya. (boi)

Load More By admin
Load More In Utama
Comments are closed.