Home Muba Randik Anggaran BOK Naik

Anggaran BOK Naik

3 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Anggaran BOK Naik
0
1

SEKAYU – Pemerataan kesehatan di tingkat pelayanan masyarakat (Puskesmas) hingga kini terus dilakukan. Oleh karena itu, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Banyuasin, tahun ini melalui anggaran pemerintah pusat menambahkan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK). Ini ditujukan bagi 28 Puskesmas yang tersebar di Bumi Serasan Sekate.

Kassubag Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinkes Muba, Maryadi, mengatakan, di tahun 2018 lalu untuk dana BOK mendapatkan sebesar Rp 14 Miliar. Dan, sekarang lagi proses pelaksanaan kegiatan triwulan ke 4 sesuai jadwal yang sudah disusun diwilayah kerja 28 Puskesmas.

“Artinya, mereka (28 Puskesmas) lagi menyusun hasil hingga batas waktu triwulan ke 4. Dan dari pihak Dinkes sedang mengevaluasi kerja, apakah sesuai dengan rencana kegiatan masing-masing Puskesmas,” ungkap Maryadi.

Karena untuk BOK tahun 2019 ini, mengalami kenaikan sekitar 35 persen dari tahun 2018. Oleh karena itu, pihaknya juga telah menerapkan sanksi maupun reward bagi Puskesmas yang sudah mencapai 100 persen sesuai dengan rencana kegiatan yang disusunnya diwilayah kerja. Lalu, bilamana belum mencapai target yang ditentukan sanksi akan diberikan bagi Puskesmas tersebut.

“Ya, kalau reward berupa penambahan anggaran BOK bagi Puskesmas yang telah capai target. Kalau, belum sebaliknya anggaran pagu tidak akan ditambah. Mengingat, setiap wilayah kerja Puskesmas problem kesehatan berbeda-beda, bahkan antar desa satu dengan lainnya beda masalah,” terangnya.

Oleh karena itu, menerapkan seperti itu agar Puskesmas benar-benar memberikan pelayanan kepada masyarakat secara merata.

“Ibaratnya dikasih uang, buat jajan Rp 10 ribu. Ada sisa Rp 5 ribu, maka akan kita ambil lagi uang sisa itu dan dimasukkan lagi ke Negara. Otomatis, Puskesmas itu tidak bisa membuat rencana kegiatan secara maksimal bilama tidak capai target,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes dr Azmi Dariusmansyah MARS menambahkan, sekarang ini untuk BOK telah memasuki tahap triwulan ke 4 dan tahap evaluasi. Lalu, tahap penyusunan rencana kerja untuk tahun 2019 bagi 28 Puskesmas diwilayah Bumi Serasan Sekate.

“BOK sendiri merupakan bantuan dana dari Kemenkes dalam membantu pemerintah kabupaten dan kota melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM),” kata Azmi (boi)

Load More By admin
Load More In Muba Randik
Comments are closed.